Rabu, 18 April 2012

Asal Rupiah Indonesia



Mata uang resmi negara Indonesia adalah Rupiah, lalu bagaimana asal mula dipilih kata “Rupiah” untuk satuan mata uang negara Indonesia, yang anggapan masyarakat luas merupakan nama turunan dari “Rupee”, mata uang negara India. Tetapi ternyata menurut salah satu peneliti sejarah uang Indonesia yakni Adi Pratomo menyebutkan bahwa Rupiah berasala dari kata “Rupia”, dalam bahasa Mongolia berarti Perak.


Pada jaman itu, Mongolia dibawah Genghis Khan, dilanjutkan Timur Leng dan Kubailai Khan melakukan invasi hingga ke negara – negara selatan diantaranya Afganistan, India, pakistan. Serta negara – negara Utara, Rusia dan beberapa negara Eropa Timur lainnya. Dimulailah penyebaran nama Rupia, oleh negara – negara bekas jajahan Mongolia tersebut karena adanya hubungan perdagangan ke berbagai dunia, termasuk wilayah nusantara.


Pada awal tahun 1500-an saat kolonialisme Eropa berkembang di Asia dan Afrika, terjadi perbedaan pelafalan.

Negara
Kata
Pelafalan
Inggris
Rupia
Rupee
Prancis
Rupia
Rouple
Jerman
Rupia
Rupie
Portugis
Rupia
Rupia


Sehingga kata Rupiah paling dekat dengan pelafalan Portugis, karena bahasa Indonesia mengambil bahasa melayu pasar sebagai bahasa persatuan. Yang pada saat itu, bangsa Portugis bertahan sekitar 130 tahun di Malaka. Maka orang Indonesia dalam penyebutannya ditambahkan akhiran “h” setelah kata Rupia, sangat khas dengan pelafalan orang jawa. Mulailah nama “Rupiah” digunakan untuk penyebutan mata uang Indonesia hingga kini, walaupun baru diperkenalkan secara resmi pada waktu pendudukan Jepang.





Referensi :
dumalana.com
today.co.id
nuministik-indonesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar