Minggu, 22 April 2012

Uang Kertas 5 Rupiah bergambar R. A. Kartini


Menurut sejarah, Bank Indonesia pada tahun 1952 untuk pertama kalinya mengedarkan uang kertas dalam seri ”Pahlawan dan Kebudayaan”, salah satunya yaitu uang kertas 5 Rupiah, uang yang dicetak oleh Thomas De la Rue sebuah percetakan di Inggris dan perancangnya adalah C. A. Mechelse bergambar tokoh R. A. Kartini di bagian depan. Seorang Pahlawan Nasional, pelopor emansipasi wanita Indonesia yang menginspirasi perancangan uang 5 Rupiah sebagai salah satu bentuk penghargaan jasa pahlawan wanita Indonesia.

Bagian depan




Uang yang didominasi warna monokromatik biru ini pada bagian belakang dipenuhi dengan beragam hias flora dan fauna, menyerupai pohon kehidupan yang mencerminkan bahwa negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa serta mempunyai nilai tradisi yang bersumber dari warisan budaya leluhur.

Bagian Belakang




Pohon kehidupan yang disebut kalpataru telah ada pada relief candi Borobudur, Pawon, Mendut dan Prambanan. Pada uang tersebut digambarkan batang, daun hingga bunga seakan terbuat dari emas dilengkapi dengan untaian mutiara pada dahan – dahannya.



Untuk pemilihan flora, terlihat adanya keindahan sepasang ular di kanan kiri pohon yang menyatu seakan menjaga kesucian pohon kehidupan tersebut.

Berdasarkan kode visual mengisyaratkan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar yang selalu mampu menghargai jasa para pahlawan serta sangat menjunjung tinggi nilai tradisi dan budaya bangsa sebagai salah satu aset terbesar bagi kemajuan Indonesia.








Referensi :
id.wikipedia.org
uang-kuno.com
puslit.petra.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar